Sanitasi

Page

Pekan Sanitasi 2011: Gaya Hidup Baru, Gaya Hidup Sehat Ala PAMSIMAS

Pekan perayaan hari cuci tangan pakai sabun sedunia yang dirayakan pada 15 Oktober 2011 lalu, merupakan awal dari kegiatan Pekan Sanitasi desa lokasi program PAMSIMAS 2011, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

gaya-hdp_2

Banjar – Pekan sanitasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan promosi edukasi sanitasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) PAMSIMAS 2011 yakni Desa Lok Cantung, Sungai Langsat serta Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

gaya-hdp_3

Ketiga desa tersebut melaksanakan kegiatan hari cuci tangan pakai sabun secara berturut-turut  pada 13, 14 dan 15 Oktober 2011. Pekan sanitasi pada tahun ini mengangkat tema ‘Gaya Hidup Baru, Gaya Hidup Sehat Ala PAMSIMAS’. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk mengajak masyarakat umum, maupun anak sekolah, agar dapat mengetahui, memahami serta melakukan perilaku sanitasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, maupun di sekolah secara sederhana.

gaya-hdpgaya-hdp_1

Perayaan hari cuci tangan yang dilaksanakan di 3 desa dampingan TFM tersebut secara teknis diselenggarakan oleh LKM masing-masing dengan dikoordinir oleh Satuan Pelaksana Unit Kerja Kesehatan (UKK). Perayaan dipusatkan di wilayah Sekolah SDN 3 Desa yakni SDN 1 Lok Cantung pada 13 Oktober 2011, SDN 1 Sungai Langsat pada 14 Oktober 2011 dan SDN 1 Sungkai pada 15 Oktober 2011.

gaya-hdp_4

Wilayah sekolah diambil sebagai tempat perayaan HCTPS karena secara tidak langsung masyarakat di sekitarnya, dapat menyaksikan dan ikut melakukan cuci tangan. Sementara Satlak UKK bekerja sama dengan pihak sekolah menyiapkan segala peralatan (tempat air, air, sabun dan lap) yang diperlukan.

Dalam kegiatan ini, siswa siswi sekolah diajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan menggunakan sabun. Mereka pun tampak antusias berbaris rapi mengantri cuci tangan. Satu persatu mereka membasuh kedua tangan sampai punggung tangan dengan sabun kemudian dibilas bersih. Senyum di wajah mereka pun merekah begitu melihat tangannya sudah bersih.

Hampir seluruh siswa SDN di 3 desa tersebut semangat mengikuti kegiatan cuci tangan massal tersebut. Mereka menganggap hal ini merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mudah.

Kegiatan ini juga didukung oleh Pihak Puskesmas Simpang Empat dan Puskesmas Sungkai. Hadir juga dalam acara tersebut, staf P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

Pekan sanitasi dengan kegiatan cuci tangan pakai sabun ini, tidak berakhir sampai di sini saja. Namun masih banyak lagi informasi-informasi sanitasi yang harus disampaikan dan disosialisasikan. Diharapkan dengan informasi yang bertahap ini, masyarakat dapat memahami dan menerapkan perilaku sanitasi tersebut.

Namun sayang, isu sanitasi yang sedang digaungkan di tingkat pusat baru-baru ini belum sepenuhnya didukung oleh instansi lain. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi Kepala Desa serta pihak Kecamatan yang belum hadir untuk memeriahkan acara tersebut.

Tetapi pekan sanitasi yang diselenggarakan ini, diharapkan bisa menjadi isu baru yang ada di masyarakat, sehingga gaya hidup baru, gaya hidup bersanitasi sehat ala PAMSIMAS benar-benar tercapai. (Euis Rahmawati – CF HH Kabupaten Banjar; Rita)

Sumber : http://pamsimas.org/

Leave a comment